Breaking News

Bupati ajak Musawarah Mufakat Pasca Longsor Jalan Nasional di Air Dingin

PNews | Kabupaten Solok (SUMBAR)--- Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda bersama jajarannya  Pemerintah Kabupaten Solok tidak mau gegabah dalam menangani masalah jalan nasional di Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Bupati Solok ,Capt. H. Epyardi Asda mau menyelesaikan masalah itu dengan kepala dingin, lewat musyawarah untuk mufakat.

“kami tahu disini ada jalan nasional yang longsor. Akibat dari terlalu tinggi nya curah hujan dalam beberapa waktu lalu Dan, kami juga  tahu bahwa disini ada aktivitas galian C oleh masyarakat, karena itu saya ingin adakan musyawarah dan duduk bersama soal ini”, ucap Bupati di Aie Dingin, Senin (22/4/2024). 

Hal itu diucapkan Bupati Solok untuk merespon sejumlah laporan mengenai jalan nasional di Aie Dingin yang kerap longsor dan adanya aktivitas tambang disana. Menurut Bupati, untuk sementara pihaknya harus menutup tambang galian C. Dan ia tidak akan mempersulit pihak yang mau berusaha disana. 

“Ini di Kabupaten Solok, kita mau membangun sama-sama, tapi tentu sesuai aturan. Sebab, kalau jalan nasional ini longsor, Pemkab Solok tidak punya kewenangan apapun, kewenangannya ada di pusat. Namun, masyarakat ini harus dinomorsatukan. Jadi, kita mau duduk bersama dengan pihak terkait soal ini agar masyarakat dan pelaku usaha juga tidak dirugikan”, terang Bupati. 

Saat ini terdapat sejumlah tambang galian C yang dilakukan oleh perusahaan dan masyarakat setempat. Namun, disisi lain, jalan nasional yang menghubungkan dua kabupaten itu juga sering mengalami longsor. Setelah dilakukan observasi oleh pihak terkait, ternyata jalan itu tidak memiliki drainase sehingga air berada di permukaan jalan. 

Balai Pelestarian Jalan Nasional tetap melakukan perbaikan titik jalan yang longsor, mengenai tindakan lebih lanjut akan dilakukan setelah adanya penataan kembali terhadap aktivitas tambang galian C disana. 

#Dayat

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share