Breaking News

Babinsa Bantu Mediasi Permasalahan Warga Yang Berseteru dengan Pengelola Daerah Wisata

PNews | Padang (SUMBAR)--- Permasalahan di wilayah binaan satuan komando kewilayahan sangat beragam mulai dari kriminal, konflik antar warga, penipuan hingga perselisihan yang terjadi di sekitar lingkungan warga. Seperti warga Kelurahan Gates Nan XX Kecamatan Lubeg Kota Padang, Minggu (04/02/2024).

Dalam perselisihan ini peran Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Aparat Kelurahan sangat dibutuhkan. Hal inilah yang dilakukan Sertu Mendrizal bersama tiga Pilar Kelurahan Gates Nan XX, yang langsung turun membantu menjembatani permasalahan warga Binaanya dengan cara mediasi.

Dalam mediasi tersebut juga di hadiri oleh Lurah Kelurahan Gates Nan XX Bapak Nofiandi , Kepala Seksi Terantib, Bhabinkamtibmas Brigadir Syam serta pihak yang dimediasi.

Menurut Sertu Mendrizal, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan perlu adanya mediasi kedua belah pihak antara warga Sungai Beremas dengan Pengelola Wisata Pantai Taman Nirwana difasilitasi dari pihak aparatur Kelurahan.

“Seperti halnya yang terjadi saat ini, kami hadir di sini untuk mendampingi Lurah memfasilitasi warga yang sedang berseteru”, Kata Sertu Mendrizal.

Sertu Mendrizal juga menuturkan, mediasi pemecahan masalah warga Sungai Beremas yang dilarang Pengelola melintasi daerah wisata Taman Nirwana tersebut dilakukan dalam bentuk musyawarah untuk mufakat secara kekeluargaan agar tidak timbul konflik yang berkepanjangan.

Adapun  hasil mediasi sementara antara pemuda warga SungaiBeremas dan pemilik sekaligus pengelola Taman Nirwana sebagai berikut Nota Kesepakatan sbb, Tidak ada pelarangan dari pihak Nirwana untuk warga yang mau lewat pantai, Kalau ada warga yang masuk melewati pantai yang mencurigakan silahkan di tegur, Kalau ada masyarakat yang ke ladang dan melewati pasir silahkan tapi tidak boleh naik ke taman serta tidak mengganggu pengunjung, Silahkan masuk ke pantai tetapi tidak menggganggu pengunjung, Silahkan berolahraga tetapi tidak boleh naik ketaman dan tidak menggganggu pengunjung dan menjaga kebersihan, Kalau ada warga yang memancing kepiting malam silahkan ( selama tidak mencurigakan), Kalau ada masyarakat yang berenang di kawasan taman agar membilasnya bukan di dalam taman, Kalau ada warga yang memungut parkir liar di dalam taman agar di usir keluar.

Jadi Kesimpulannya untuk kesepakatan belum bisa di sepakati karena Ketua LPM kel. Gates Nan XX Datuak Indra Rajo Lelo sebagai pemangku adat belum hadir.

#Ril/Am

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share