Breaking News

Babinsa Bersama Warga Tanam Bibit Mangrove di Wilayah Binaan


PNews | Padang (SUMBAR)--- Babinsa Koramil 04 Lubeg Luki Kodim 0312 Padang Serda.M.Wahyudi melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon mangrove yang dilakukan bersama masyarakat  bertempat di Pantai  Kelurahan Gates Nan XX  Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, Sabtu(11/11/2023).

Ini merupakan dana yang diberikan oleh LSM YAGASU Yayasan Gajah Sumatra untuk Kelurahan Gates Nan XX merupakan yayasan Non Pemerintah  pemerhati Lingkungan khususnya di daerah pesisir pantai, yang berkantor di Jalan Sei.Batu Gingging Psr X No.69  Padang Bulan Selayang I, Kec. Medan Selayang, Kota  Medan Sumatera Utara yang diberikan  dana sebesar Rp. 25.000.000.

Saat ditemui ditempat berbeda, Wadanramil Letda Inf. Afrizal Chan mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

"Guna membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai kedepannya," ucapnya.

Lebih lanjut Wadanramil katakan, selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut.

"Jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai. Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar," katanya.

Dikesempatan itu juga Babinsa Serda M.Wahyudi  mengatakan kami dari pihak Koramil 04 Lubeg Luki akan terus berupaya melanjutkan kegiatan ini dengan mencari tempat-tempat lain yang apabila memungkinkan akan ditanami mangrove.

Ada pun tanaman mangrove yang dibibitksn ini sejumlah 2500  yang nantinya akan ditanam di Pantai Kelurahan Gates Nan XX pohon, yang nantinya akan bekerja sama dengan elemen masyarakat beserta semua unsur di wilayah.

"Dalam kegiatan ini kami juga nanti akan mengajak anak-anak sekolah dan masyarakat sambil memberikan edukasi sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kelesrarian alam dan lingkungan khususnya yang ada dipesisir pantai karena ini adalah tugas kita bersama," pungkas Serda M.Wahyudi

Penanaman pohon mangrove manfaatnya sangat besar dapat menjaga pantai dari abrasi dan menjaga iklim karena bisa meningkatkan oksigen demi kelangsungan hidup generasi masa yang akan datang, tuturnya.

#rel/Am 

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share