Breaking News

Proyek Duplikat Jembatan Sungai Mesjid Bangsal Aceh Dumai Serap APBD Provinsi Riau Tahun 2023 Rp. 29 Milyar

PNews | Dumai (RIAU)--- Jembatan Sungai mesjid yang berada di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai sembilan, satu satunya jembatan jalan poros  yang selama ini berfingsi sebagai penghubung Jalan lubuk gaung menuju jalan Sinaboi (Rohil).

Yang mana jembatan ini sudah puluhan tahun digunakan berfungsi  sebagai sarana akses jalan bagi kepentingan hajat masyarakat banyak pada umumnya, baik  bagi pengguna kendaraan roda empat,roda dua dan terutama sekali bagi kepentingan mobil truk Fuso milik armada pabrik kelapa sawit (PKS) kerap rutin setiap harinya melewati jembatan tersebut.

Salah seorang sumber masyarakat Dumai yang akrap di sapa namanya Indra Kitang (53) kepada wartawan mengungkapkan, Saya sering melewati dan melintas jembatan sungai mesjid Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai sembilan,saya perhatikan dan lihat kondisi jembatan sungai mesjid ini, sudah berusia terlalu tua bahkan sudah berusia puluhan tahun di fungsikan, yang selama ini kurang ada  perawatan dari Dinas terkait bahkan sepanjang jembatan tersebut sudah banyak yang rusak parah, kita lihat pada bagian tengah jembatan sudah pada berlobang sehingga di tempel saja dengan besi plat supaya bisa di lewati oleh pengendara/pengguna jasa jalan,hal ini di khawatirkan bisa menimbulkan rawan kecelakaan, melihat kondisi jembatan seperti ini kita sangat prihatin jembatan tersebut sudah tidak layak lagi untuk di fungsikan sebagai sarana  akses jalan bagi masyarakat /pengendara, dan ini sudah sepantasnya di bangun baru.

"Masyarakat Dumai selama ini sangat mendambakan jembatan ini supaya cepat di bangun baru oleh Dinas PUPR Provinsi bidang Bina Marga," ujar Indra.

Akhirnya harapan masyarakat Dumai terwujud juga,Jembatan Sungai mesjid mendapat perhatian dari Dinas PUPR Provinsi Riau, di realisasikan untuk di bangun kembali jembatan yang baru.

Seperti saat ini pembangunan duplikat jembatan  sedang di bangun baru yaitu jembatan duplikat di bangun bersebelahan dengan jembatan yang lama, saat ini sedang berlangsung di kerjakan oleh kontraktor pelaksana/penyedia PT.Karya Mitra Jaya Perkasa.

Pembangunan duplikat jembatan sungai mesjid kelurahan bangsal Aceh ini merupakan program dari Dinas Pekerjaan Umum  Penataan Ruang,Perumahan Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan  ( PUPR Perkim) Provinsi Riau yaitu menyerap APBD Provinsi Riau Tahun 2023 senilai Rp. 29.593.657.548; Milyard, nomor kontrak 630/SPHS-PUPRPKPP/ BM-PJSM/226/2023, Tanggal Kontrak 14 Juni 2023,waktu pelaksanaan 200 hari kalender, Konsultan pengawas PT ABATA KENCANA KARYANUSA KSO- CV Riau Jaya Abadi. 

Ketika dikonfirmasi ke salah seorang pengurus proyek jembatan sebagai Humas Deas kepada wartawan pada 20/09/2023 mengatakan, pelaksanaan pekerjaan proyek jembatan sungai mesjid,sebelumnya kita sudah ketemu dengan perhimpunan masyarakat setempat dan yang terkait,mereka sangat menyambut baik dan mendukung pembangunan duplikat jembatan yang baru ini, dan tentunya kita mengerjakan sesuai dengan RAB/Bestek yang di tentukan oleh Dinas PUPR Provinsi Riau dan merupakan salah satu program dari Dinas PUPR Bidang Bina marga provinsi APBD  tahun 2023.

Harapan kami, dengan di bangunnya jembatan yang baru ini kepada semua pihak dan juga kepada rekan media/wartawan dapat mensuport dan mendukung sehingga proses pelaksanaan pekerjaan kami dapat berjalan optimal, ujar Deas lagi.

Menjelang proses pengerjaan duplikat jembatan yang baru, buat sementara ini jembatan yang lama tetap masih di fungsikan untuk akses jalan,diperkirakan pada Desember 2023  mendatang Duplikat  jembatan yang baru sudah rampung di kerjakan dan udah bisa di fungsikan, habis itu jembatan yang lama di teruskan di perbaiki atau membangun kembali jembatan yang lama," imbuh Deas kepada media ini.

#Muhardi.f/*

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share