Breaking News

Calon DPD RI Mevrizal Minta Kepala Daerah Apresiasi Pejuang Olahraga Berprestasi

P
News |
Solok Selatan (SUMBAR)~ Mevrizal, SH, MH, meminta kepala daerah mengapresiasi pencapaian atlet-atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama daerah. Bentuk perhatian itu tidak saja dengan memberikan bonus berupa uang dan sebagainya, namun juga memikirkan masa depan mereka.

“Kepala Daerah harusnya memberikan pembinaan untuk masa depan atlet-atlet berprestasi. Sebab, banya atlet yang bernasib miris setelah mereka tidak bisa bertanding lagi,” kata Mevziral dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/9/2023).

Pandangan itu disampaikan Mevrizal saat membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Solok Selatan periode 2023-2027 yang berlangsung di Hotel Pesona Alam Sangir, beberapa hari lalu. Mevrizal yang merupakan Ketua Bidang Hukum KONI Sumbar hadir sebagai perwakilan Ketua KONI Sumbar.

Musorkab KONI Solok Selatan itu dihadiri para pejabat dan insan olahraga. Mulai dari Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Sekda Samsu Rzaldi, unsur Forkopimda dan 36 Cabang Olahraga (Cabor) peserta Musorkab.

Ketua Bidang Hukum KONI Sumbar, Mevrizal saat memberikan paparan dalam Musorkab KONI Solok Selatan. (Sumber: IST)
Ketua Bidang Hukum KONI Sumbar, Mevrizal saat memberikan paparan dalam Musorkab KONI Solok Selatan. (Sumber: IST)
Sekretaris Peradi Padang itu mengatakan, KONI sebagai induk organisasi olahraga berwenang dan bertanggung jawab untuk mengelola dan membina para insan olahraga. Kemudian, KONI juga harus mengembangkan dan mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga di Solok Selatan.

“Pemimpin KONI-nya harus visioner. Mampu membawa olahraga di Solok Selatan menjadi lebih baik,” katanya.

Selain itu, pengurus KONI harus berpegang teguh kepada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) KONI. “Harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Tanpa dukungan pemerintah daerah, KONI Solok Selatan akan sulit mewujudkan pencapaian atlet berprestasi,” katanya.

Putra Solok itu berpesan agar Ketua KONI periode 2023-2027 tidak terlibat konflik kepentingan yang menghambat kemajuan olahraga di Solok Selatan. “Tidak ada alasan untuk tidak menghormati hasil musyawarah yang telah diputuskan secara bersama-sama,” tuturnya.

Terakhir, calon anggota DPD RI dari Sumbar itu berharap agar pemerintah daerah memperhatikan olahraga, salah satunya tentu dengan dukungan anggaran dan sarana dan prasarana olahraga. Hal itu juga tertuang dalam Pasal 75 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2022 Tetang Keolahragaan yang mewajibkan pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran keolahragaan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Profil Mevrizal, SH, MH

Mevrizal, SH, MH, merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand). Sarjana dan gelar magisternya, tamat di kampus Limau Manis, Padang itu. Mevrizal juga satu-satunya pengacara dari Sumbar yang maju untuk DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Putra asli Kabupaten Solok itu pernah menjadi pembela masyarakat ketika berjuang di Pengabdi Bantuan Hukum (PBH) LBH Padang. Kini, sebagai advokat, Mevrizal kini menjabat sebagai Sekretaris Peradi Padang.

Jauh sebelum masuk dunia profesional, Mevrizal telah aktif berorganisasi. Ia tercatat sebagai Ketum HMI Komisariat Hukum Unand 2004-2005. Saat ini, Mevrizal juga menjabat sebagai Bendahara Umum KAHMI Sumbar periode 2021-2026.

Awal berkarier di advokad, Mevrizal mengabdi di Bantuan Hukum di LBH-YLBHI Padang 2007-2011. Banyak kasus-kasus masyarakat kurang mampu yang didobraknya bersama tim LBH Padang, kala itu.

Sepak terjangnya di dunia aktivis sosial makin menggelinding. Saat ini, ia juga tercatat sebagai Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumbar 2023-2028. Kemudian, Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) 2022-2026 dan Pengurus KONI Sumbar 2022-2025.

Mevrizal juga menjadi Ketua Bidang Advokasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumbar 2022-2027, Relawan Keluarga Kita (Rangkul Padang) 2022 – sekarang. Selanjutnya, juga menjabat Sekjen Ikatan Alumni SMAN 1 Gunung Talang 2018-2023 hingga Wakil Ketua Pemuda Pancasila Sumbar 2018-2023.

Mevrizal juga tercatat sebagai Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar periode 2017-2020. 

#Palitonews/Buya
   

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share