Breaking News

Desa Sumber Sari Menerima Penghargaan Sertifikat Proklim Utama Tahun 2022

PNews | Muratara (SUMSEL)--- Desa Sumber Sari Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara) Provinsi Sumatera Selatan Hadiri  Acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-50 di Palembang, Rabu (19/7/2023).

Acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-50 bibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Jalan Syakyakiti, Karang Anyar Kecamatan Gandus Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Sertifikat kepada desa Sumber Sari  sebagai pelaksana Program Kampung Iklim (ProKlim) kategori Utama tahun 2022, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SK.1084/MENLHK/PPI/PPI.0/10/2022.

Program Kampung Iklim adalah program yang dikembangkan oleh KLHK. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Kategori ProKlim terdiri dari ProKlim Pratama, ProKlim Madya, Nominasi ProKlim Utama dan Nominasi ProKlim Lestari. Kategori ProKlim ditetapkan berdasarkan nilai akhir ProKlim, yang merupakan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi dan dukungan keberlanjutan.

Bentuk apresiasi ProKlim yaitu piagam partisipasi yang diberikan kepada lokasi yang tercatat dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) dan memenuhi kriteria sebagai ProKlim Pratama dan Madya.

Piagam Sertifikat Proklim di berikan Gubernur Sumatera Selatan kepada  Empat  Perusahaan di Kabupaten Musi Rawas Utara Yang Membantu Desa Sumber sari  Kecamatan Nibung.
Perusahaan tersebut diantaranya adalah:
1.Pt.London Bingin Teluk (Membina Desa Sumber sari Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara)
2.Pt,Serelaya Merangin dua(membina Desa Sumber sari Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara)
3.. Pt.Bumi mekar tani(Membina Desa Sumber sari Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara)
4.Pt.Triaryani (Membina Desa Sumber sari Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara).

Kepala Desa Sumber Sari Masrohan.M.Pd apresiasi Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang mana telah menilai desa saya yaitu Sumber Sari mendapat nilai terbaik Kampung Proklim,dan mendapat penghargaan, sekali lagi saya Pemerintah Desa Sumber Sari terimakasih banyak kepada bapak Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, ucapnya.

Tambahnya, harapan kami pemerintah desa dengan mendapatkan penghargaan ini menjadi motivasi kepada kami untuk mewujudkan Sumber Sari sebagai Kampung Proklim Madya ditahun ini, setelah di tahun 2022 mendapat penghargaan sebagai Desa Proklim Pratama, langkah ini dilakukan karena untuk menunjang program atau slogan kami yaitu Sumber Sari BERSERI (Bersih, Sehat, efektif, religius dan inovatif), tutup Masrohan.

#A.Rahman
  

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share