Breaking News

Kunjungan Capacity Building Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Muko-Muko, Serta Kunjungan ke Sentra Pertanian Yang Berada di Kabupaten Solok

PNews | Kabupaten Solok (SUMBAR)--- Kunjungan capacity building tim pengendali Daerah kabupaten Muko-Muko ke sentra pertanian cabai dan bawang merah di kabupaten Solok rabu 3 juli 2024 sekda kabupaten Muko-Muko Dr, Abdiyanto dan kami pun ingin belajar lebih banyak dari pemerintah  kabupaten Solok tentang pengendalian inflasi yang ada kabupaten Solok di ruangan rapat sekretaris daerah Kabupaten Solok.

Dalam kunjungan di ruang rapat sekretaris daerah Kabupaten Solok Turut Menghadiri, Bupati Solok yang diwakili oleh Asisten III Edityawarman, S.Sos, M.Si, Sekda Muko-Muko  Dr. Abdiyanto, SH.,M.Si., C.L.A, C.R.B.C, Kepala OPD Kab.Mukomuko, Perwakilan OPD Kab.Solok dan Kabag Perekonomian Kab.Solok Yossi Agusta, SP, M.Si beserta jajaran.

Dalam kesempatan Sekda Kabupaten solok diwakili oleh Asisten III Edityawarman menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus permohonan maaf bapak Bupati karena tidak dapat menghadiri dan menyambut Bapak/Ibu di ruangan pada hari ini karena ada agenda yang tidak dapat diwakilkan, kami pemerintah Kabupaten Solok menyambut baik maksud dan tujuan Bapak/Ibu semua semoga Bapak/Ibu semua betah dan nyaman selama berada di Kabupaten Solok dan semoga silaturahmi kita ini dapat terus terjalin hendaknya.

Sekda Kab.Muko-Muko Dr Abdiyanto, terima kasih banyak kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Solok karena telah bersedia menyambut dan menerima kami selama berada di Kabupaten Solok, kami sangat takjub dengan keindahan alam dan pariwisata di Kabupaten Solok yang sangatlah menawan dan kami berada disini bermaksud ingin belajar lebih banyak lagi kepada pemerintah Kabupaten Solok terkait pencegahan inflasi yang ada di Kabupaten Solok,  kamipun ingin berkunjung dan menyaksikan langsung sentra pertanian yang ada di Kabupaten Solok khususnya bawang merah dan cabai ucapnya.

Dalam upaya penanganan inflasi di Kabupaten Solok Kepala Bagian Perekonomian menyampaikan, kami menjaga keterjangkauan dan stabilitas harga dengan melakukan pemantauan dan pelaporan harga kebutuhan pokok setiap hari melalui aplikasi Sigadis.

-Melaksanakan pengawasan persediaan bahan kebutuhan pokok di tingkat distributor.
-Pelaksanaan operasi pasar untuk menyediakan barang kebutuhan pokok difasilitasi oleh Toko Tani Indonesia Center.
-Melaksanakan Monitoring dan pemantauan harga pasar, termasuk gas lpg 3 Kg dan monitoring bantuan cadangan pangan pemerintah. Menjaga Ketersediaan dan stabilitas pasokan bahan pangan.
-Pembangunan dan pengadaan sarana pertanian akan menekan biaya produksi sehingga petani bisa berproduksi dengan biaya minim tuturnya.

-Kamipun (kabupaten Solok) melakukan pembangunan jalan usaha tani (56 Paket) pembangunan sarana irigasi {37 Paket) pengadaan Alsintan, bantuan benih padi sebanyak 2000 ha, bantuan benih bawang merah untuk perluasan areal tanam bawang merah, Kabupaten Solok juga mempunyai kalender tanam bawang merah dan cabe yang tetap sepanjang tahun.

Terjadinya sedikit penurunan jumlah tanam dan panen pada bulan Juli s/d Oktober tahun kemaren adalah dampak dari cuaca kurang baik namun antisipasi inflasi yang kami galakan adalah dengan adanya champion bawang merah di Kabupaten Solok yang mempunyai komitmen stok sebanyak 100 ton turutnya.

Penyampaian kondisi inflasi di Kabupaten Muko-Muko yang di sampaikan oleh bagian Dinas Koperindag Kabupaten Muko-Muko, bahwa pada saat ini untuk tingkat inflasi kami cukup tinggi, maka kami ingin belajar dan mengambil contoh dari pemerintah Kabupaten Solok ucapnya.

Terkait dengan tadi kegiatan pasar murah yang dilakukan oleh Kabupaten Solok kami di Kabupaten Muko-Muko juga memiliki program yang sama yaitu Tokoadogalo, jadi besar harapan kami untuk nanti kita bisa bekerja sama dengan petani di Kabupaten Solok dengan Tokoadogalo ini, banyak program dari pemerintah Kabupaten Solok yang bisa kami tiru untuk upaya pencegahan inflasi daerah kami, semoga perjanjian kerjasama bisa dilakukan secepat mungkin karena hal ini tentu berdampak kepada masyarakat kami yang ada di sana.

#Suryatma.D

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share