Breaking News

Bupati Limapuluh Kota Hadiri Potang Balimau Rang Pangkalan

PNews | Limapuluh kota (SUMBAR)--- Bupati limapuluh kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo hadiri potang balimau di kenagarian Pangkalan koto Baru Minggu, (10/3/24).
Hadiri pada kesempatan itu kepala Dinas Parpora Propinsi Sumbar Luhur Budiana mewakili Gubernur Sumbar.

Sekda Herman Azmar, unsur pimkopinda limapuluh kota, Haji Candra tokoh masyarakat Pangkalan Caleg yang satu satunya lolos dari kecamatan Pangkalan akan menduduki kursi DPRD limapuluh kota 2024/2029 dari Partai PKS limapuluh kota dan undangan lainnya.

ketua pelaksana Potang balimau tahun 2024 Mayren Hemfy SH.MH.mengatakan ,Potang Balimau merupakan kegiatan tradisi yang turun menurun dari Ninik moyang Pangkalan, masyarakat menghabiskan dana yang cukup banyak hanya untuk menghiasi mambau (sampan hias),masing masing.
Bagi masyarakat Pangkalan moment Potang Balimau adalah hari yang ditunggu, tunggu setiap tahunnya baik itu yang berada di kampung maupun di perantauan.

Kemudian Pak Reren panggilan akrab ketua pelaksana ini mengharap kan pada pemerintah bahwa kedepan ajang Potong Balimau ini dapat dijadikan kegiatan agenda Nasional.
Kadis Parpora Sumbar dan bupati serta undangan pada sesi penyambutan di suguhi Siriah Carano yang di iringi tari Pasambahan dari putra putri Pangkalan.

Kadinas Parpora Sumbar Luhur Budiana dalam sambutan nya pada kesempatan itu mengatakan.bahwa di THN 2022 Sumbar di datangi turis sebanyak 8.2 juta THN 2023 meningkat jadi 11 juta pelancong dan untuk 2024 ini kita akan target kan sekitar 13 juta pelancong masuk Daerah kita ini.
Untuk mendukung target ini tentu kita akan berbenah diri. UMKM.Kuliner,serta peningkatan pelayanan.

Lebih lanjut Bapak luhur menjawab dan menyikapi harapan ketua pelaksana Potang Balimau dengan seksama kita memang sedang berusaha kepusat agar Acara rutin tahunan ini di jadikan ajang Ivent Nasional.

Pada sesi sambutan  Bupati limapuluh kota Safaruddin dt.Bandaro Rajo mengatakan.
Tradisi Potang balimau sudah dimulai dari abad 8M.kegiatan,Potang balimau ini adalah sebuah kegiatan yang istimewa bagi Pemda maka agenda ini juga dapat perhatian khusus dari Pemda limapuluh kota.

Kemudian di akhir sambutan bupati menyampaikan 
Terimakasih atas partisipasi masyarakat atas terlaksananya pemilu aman damai di limapuluh kota.biduak lalu kiambang batauik,kita tatap masa depan dengan antusias kita satu perbedaan menjadi persamaan tutupnya.

#Saiful Hadi

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share