Breaking News

BRILiaN Gandeng Human Intiative dan Unand Launching WASH Kampung Adat Sijunjung


PNews | Sijunjung (SUMBAR)--- YBM BRILiaN sebagai bagian dari BRI yang sejak 2001 telah menjalankan amanah seluruh insan BRILiaN di Indonesia dalam menyalurkan dana zakat, melalui program-program yang diberikan kepada masyarakat, tentu langkah ini sejalan dengan yang dilakukan oleh BRI sebagai Lembaga induk. Salah satunya dengan hadirnya proram Wash, (Water Sanitation and hygine) ini. Dimana Tahun ini program WASH ini tersebar di 3 titik di Sumatera Barat.

Salah satunya di Kabupaten Sijunjung pada hari Kamis, 28 Desember 2023, pada kesempatan ini BRILiaN launching program WASH Kampung Adat Sijunjung. Program ini salah satu bentuk nyata, kolaborasi yang dilakukan oleh YBM BRILiaN, Human Intiative dan Universitas Andalas untuk mengambil peran memberikan kontribusi demi kemajuan dan kejayaan bangsa.

Momen peluncuran program WASH Kampung Adat Sijunjung dihadiri oleh Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si, Bupati Kabupaten Sijunjung, Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt, CA, CRGP, Rektor Universitas Andalas, Bapak Ferry Suranto GM Network and Strategic Alliance Human Inisiativ, Bapak Rajilis Wali Nagari Sijunjung.

"Program Water Sanitation and Hygiene (Wash) merupakan suatu program unggulan Lembaga YBM BRILiaN untuk daerah-daerah dengan masalah pengadaan Air Bersih. Ruang Lingkup Program WASH merupakan Pembangunan infrastuktur penyediaan air bersih bagi masyarakat kurang mampu, Pemberian sanitasi yang memadai pada fasilitas sosial seperti masjid/musholla, serta Pendampingan Upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan menjaga lingkungan" ujar Bapak Bambang Wiyadi Selaku Pimpinan BRI Cabang Kab. Sijunjung dalam sambutannya.

Kampung Adat Nagari Sijunjung adalah representasi perkampungan dan masyarakat Matrilineal Minangkabau. Kampung adat ini terletak di Jorong Padang Ranah dan Tanah Bato, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. 

"YBM BRILiaN Bersama Human Initiative dan Universitas Andalas menginisiasi Program WASH di Kampung Adat Nagari Sijunjung, kebutuhan Kampung Adat akan adanya Air Bersih sangat penting bagi kehidupan lebih dari 300 Keluarga disana, terlebih lagi disaat musim hujan air mereka sama sekali tidak bisa dikonsumsi dikarnakan berubah warna dan bau sehingga warga harus menampung air hujan untuk kebutuhan sehari-hari", lanjut Bambang Wiyadi. 

Ditambahkannya, program WASH ini sebagai bentuk aksi nyata kepedulian Insan BRILiaN terhadap Pembangunan Manusia dan kondisi masyarakat saat ini. "Besar harapan kami bahwa program ini bisa sustainable dan impactful. khususnya untuk masyarakat Nagari Sijunjung dan Masayarakat Kampung Adat, program ini juga diharapkan menjadi role model bagi masyarakat lain. Dan ini juga bentuk perwujudan Insan BRILiaN dalam “ Memberi makna Indonesia”." tukuknya. 

"Bapak/ibu sekalian, kami atas nama Insan BRILiaN menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada YBM BRILiaN yang telah membantu kami dalam menyalurkan zakat,infak dan sedekah melalui program-program yang dilaksanakan, dan terimakasih juga untuk seluruh pihak yang terlibat dalam program ini, dari Human Initiative, Kampus Universitas Andalas dan pemerintah daerah.

Semoga apa yang telah kita berikan untuk bangsa ini akan memberikan manfaat yang berkelanjutan dan menjadi warisan luhur untuk generasi selanjutnya" pungkas Bapak Bambang Wiyadi Selaku Pimpinan BRI Cabang Kab. Sijunjung.

#Rel/Novi
 

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share