Breaking News

Pemdes Sungai Baung Gelar Musrembang Desa Tahun Anggaran 2024

PNews | Muratara (SUMSEL)--- Pemerintah Desa(Pemdes) Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara)Provinsi Sumatera Selatan, telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa lebih cepat dibanding dengan desa yang lain.
 
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat Musrenbang ini dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 1/9/2023 bertempat di  balai desa 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Turut hadir dalam musyawarah,Camat Rawas Ulu M.Yusnadi,Kepala Desa Abdul Halik.S.Ip,dan seluruh perangkatnya,Kasi PMD Kecamatan,Ketua BPD Zuryan,Pendamping Lokal Desa Jaya Kusuma, Ketua TP-PKK,Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat,Toko adat,Ketua Karang taruna, dan Tamu Undangan Musrenbangdes yang hadir.

Musrenbangdes ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa dan sumber dana lainnya.

Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa sendiri adalah Dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah:
1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.
2. Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan desa untuk dinakkan kekecamatan.

Camat Rawas Ulu M.Yusnadi mengatakan saat diwawancarai awak media,kita harapkan denganadanya musrembang hari ini dapat meng okomodir apa-apa keinginan dari masyarakat karena sebelum musrenmbamdes ini telah  diadakan musyawarah dusun(Musdus) jadi meng okonodir ususlan-usulan dari dusun dinaikkan ketingkat desa dengan skala Perioritas, kata Yusnadi.

Kemudian, terkait kendala macetnya aliran PDAM di wilayah kita ini secara Idak spontan sekarang Masi di perbaiki terus dan sekarang dalam proses,dari ketidak mampuan mesin penggeraknya tenaga Masi agak berkurang,namun tidak mengurangi keinginan warga insyak Allah akan segerah di perbaiki kita sama berdoa supaya aliran air dapat berjalan dengan normal dan baik, tuturnya.

Kepala Desa Sungai Baung Abdul Halik.S.Ip,menjelaskan ke awak media saat di wawancarai,hari ini di adakan musrembang Desa Kami dari pihak pemerintah desa dan kecamatan Menampung aspirasi Masyarakat apa apa usulan yang di ajukan dari masing-masing dusun,kemudian di musrembang tadi dapat kami sefakati ada tiga Usulan yang di perioritas yaitu Jembatan Penyebrangan warga,Lapangan Futsal dan juga Dreanase.

Lanjut Abdul Halik, jembatan adalah yang paling penting untuk masyarakat menuju usaha tani mereka,kemudian lapangan Futsal untuk para pemuda mengadakan kegiatan berolahraga,terakhir Dreanase untuk menghindari benjir pada musim hujan, ungkapnya.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penandatangan Berita Acara Hasil Musrenbang Desa, yang disaksikan Pemerintah kecamatan,juga perwakilan peserta dilanjutkan Ketua BPD dan Kepala Desa, tutupnya.

#A.Rahman  

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share