Breaking News

Festival Danau Rayo Diwarnai dengan Lomba dan Pameran Kuliner, Bupati Muratara Berhalangan Hadir

PNews | Muratara (SUMSEL)--- Festival danau Rayo resmi dimulai. Festival yang menampilkan berbagai macam lomba, pameran kuliner dan UMKM ini dibuka langsung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru. 

Namun sangat di sayangkan pembukaan festival danau Rayo ini tidak di hadiri oleh Bupati Muratara, H Devi Suhartoni, cuma diwakilkan dengan Wakil Bupati Muratara, H Innayatullah, Selasa (26/9/2023).

Padahal yang datang untuk membuka acara tersebut yakni Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru. 

Gubernur Sumsel, H Herman Deru   memberikan apresiasi pada Pemerintah Kabupaten Muratara  yang telah mengoptimalisasi di seluruh sektor,sehingga danau rayo merupakan menjadi Aikon Muratara.

Dampak festival danau rayo ini merupakan etalase sehingga dapat mengola danau rayo menjadi pengembangan ekonomi rakyat.

“Diharapkan menjadi ekonomi baru bagi masyarakat Muratara,apalagi kita lihat Danau Rayo berada di jantung ibu kota Muratara,selama ini Festival Danau Rayo menjadi kalender Provinsi kedepanya danau Rayo menjadi Kalender Nasional,” jelas Gubernur.

Selain itu Gubernur juga berpesan,agar adat istiadat kearipan lokal Muratara harus dipertahankan, karna kata Gubernur, ini merupakan indentitas tersendiri yang dimiliki Muratara sejak turun temurun.

Gubernur juga menyebut, selama ini Muratara menjadi daerah tertinggal,namun dapat kita lihat sekarang Muratara sudah sejajar dengan Kabupaten lain.

“Ini berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, dengan Pemerintah provinsi Sumatera Selatan,”ujar Gubernur.

Sementara itu Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Musi Rawas Utara Marlinda Sari mengatakan,Festival danau Rayo tahun ini berbeda dengan tahun lalu,menurutnya tahun ini frsstival Danau Rayo menjadi Iven Provinsi.

“Ini ipen provinsi,kalau dulu ipen Kabupaten,acara ini diselenggarakan berkalaborasi antara Dinas Parawisata Provinsi dengan Parawisata Kabupaten,”papar Marlinda.

Festival Danau Rayo beragam kegiatan menarik yang disajikan, seperti:
Lomba Biduk
Festival Kuliner (sedekah ramo.red)
Festival Lagu Daerah/Melayu
Lomba Tari Daerah
Lomba Mewarnai Destinasi Wisata Danau Rayo
Pagelaran Seni dan Budaya
Pameran UMKM
Motor Trip Adventure

Sedangkan Wakil Bupati Muratara, H Innayatullah,menyebutkan, bahwa festival danau Rayo ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Dinas Parawisata.

Tujuan diselenggara festival danau rayo untuk mempromosikan Seni budaya kearipan lokal daerah Muratara,serta dapat mengenal kompetensi alam yang ada di Muratara.

“Kita berharap danau Rayo ini bukan hanya menjadi aikon Masyarakat Muratara saja,melainkan menjadi tempat wisata tingkat Nasional," pungkasnya.

#A.Rahman  

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share