Breaking News

Peningkatan Kapasitas Aparatur Nagari Tentang Anggaran dan Transaksi Non Tunai Pemerintahan Nagari se Kabupaten Solok

PNews | Kabupaten Solok (SUMBAR)--- Peningkatan kapasitas aparatur Nagari perlu diadakan sehingga dapat mewujudkan Pemerintahan Nagari yang tertib transparan dan akuntabel kegiatan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 7 s/d 10 Juni 2024 dan di ikuti oleh sebanyak 222 orang peserta yang berasal dari perangkat Nagari se Kabupaten Solok pada Jumat (07-06-2024) di Rocky Plaza Hotel Padang .

Peningkatan Kapasitas yang dihadiri, Bupati Solok diwakili Asisten III, H. Editiawarman, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, drg Muswir Yones Indra, MM, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Eva Nasri, SH, MM, Asisten II,  Deni Prihatni, ST, MT, Kepala DPMN  Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si, Kepala OPD se-kabupaten Solok, Camat se-Kabupaten Solok, Walinagari se-Kabupaten Solok, Perangkat Nagari se-Kabupaten Solok.

Laporan kepala DPMN dengan diberlakukannya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Desa/Nagari memiliki kewenangan besar dalam penyelenggaraan pemerintahannya termasuk dalam pengelolaan keuangan, yang mana hal ini juga dikuatkan dengan UU No 3 Tahun 2024 Perubahan Kedua atas UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Saat  ini kita sadari masih kurangnya pemahaman perangkat Nagari dalam memenuhi kelengkapan dokumen administrasi dalam laporan pengelolaan keuangan, sehingga hal ini berakibat menjadi temuan pada pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK maka kegiatan ini perlu dilaksanakan guna memberikan pemahaman bagi perangkat Nagari dalam pelaporan dan pengelolaan keuangan sehingga kita dapat mewujudkan Pemerintahan Nagari yang tertib transparan dan akuntabel kata nya.

Ucapan Maaf Bupati Solok yang di sampaikan Asisten III Editiawarman, S.Sos, M.Si, karena tidak berkesempatan hadir, sebagaimana kesepakatan kita bersama kegiatan ini penting dilaksanakan guna peningkatan kapasitas dan kinerja perangkat Nagari dan penguatan transaksi non tunai dalam pengelolaan anggaran keuangan Nagari, saat ini tentu sudah ada peningkatan yang terjadi dalam kinerja pengelolaan keuangan pada perangkat nagari namun hal ini perlu kita sempurnakan sehingga pemahaman Perangkat Nagari bisa lebih ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan.
 
Asisten III membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kapasitas Kinerja Perangkat Nagari Untuk Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Pemerintah Nagari dan Penguatan Pelaksanaan Transaksi Non Tunai Bagi Pemerintah Nagari se-Kabupaten Solok.

#SD

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share