Breaking News

KUA Kuranji Terpilih untuk Revitalisasi

PNews | Padang (SUMBAR)--- Kementrian Agama Republik Indonesia ( Kemenag RI) akan merevitalisasi sebanyak 100 Kantor KUA seluruh Indonesia pada tahun 2024 ini. Dari  jumlah itu 4 Kantor Urusan Agama ( KUA ) yang dapat jatah berasal dari Provinsi Sumatera Barat, yakni  KUA Kuranji Kota Padang, KUA Payakumbuh Barat kota Payakumbuh, KUA Baso Kabupaten Agam dan KUA Gunung Talang Kabupaten Solok.

Program Revitalisasi ini meliputi empat hal, yaitu; pertama,  mendesain tampilan ruangan resepsionis / front office pelayanan KUA. Kedua,  pengadaan alat pengolah data seperti komputer, laptop, printer, display standing dan scanner. Ketiga, melaksanakan kegiatan layanan dan bimbingan teknis terkait peningkatan capacity building pelayanan KUA dan keluarga Sakinah serta yang keempat, melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Direktur Jenderal bimbingan masyarakat Islam.

Dengan demikian tujuan revitalisasi KUA  ini adalah supaya memiliki layanan keagamaan yang lebih mudah diakses, kredibel dan transparan. 

Ditetapkannya KUA Kuranji sebagai satu-satunya KUA yang menjadi sasaran revitalisasi di Kota Padang tahun 2024 ini, disambut baik oleh Kepala KUA, Hamdani.

Tidak sampai hitungan Minggu, pria yang humanis dalam memimpin bawahannya ini langsung menggelar rapat pada Rabu ( 23/1/2024) di Kantor KUA setempat.

Mantan KUA Lubuk Kilangan kota Padang ini memotivasi para pegawai KUA dilingkungan kerjanya untuk dapat menyambut Amanah ini dengan sebaik- baiknya serta dapat meningkatkan 10 layanan pokok dan fungsi yang ada di KUA.

Adapun tugas dan fungsi tersebut, pelaksanaan pelayanan dan pelaporan nikah rujuk, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan kemasjidan, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah, pembinaan penerangan agama Islam, pembinaan zakat Wakaf, pelaksanaan ketatausahaan dan rumah tangga KUA dan layanan bimbingan manasik haji bagi jamaah haji reguler.

Koordinator Binwin Kota Padang, Muhammad Sarkoni Rahman merasa bangga dan menyambut baik atas terpilihnya KUA Kuranji sebagai objek Revitalisasi. Menurut dia, selama ini sebenarnya layanan sudah berjalan baik sesuai standar yang ada. Namun dengan adanya revitalisasi ini jelas akan lebih baik lagi dan menguntungkan bagi masyarakat Kecamatan Kuranji, ujarnya.

Penghulu Nikah,  Nazif  memberikan masukan agar layanan kepada masyarakat terus dimaksimalkan dan harus sesuai aturan yang berlaku tanpa membedakan status sosial warga yang berurusan. 

Ketika media ini mengkonfirmasi apakah revitalisasi ini akan merombak atau mengganti bangunan yang sudah ada. Hamdani langsung menanggapi kalau hal tersebut mungkin dalam waktu dekat belum bisa terwujud, karena anggarannya yang belum ada.

Namun Hamdani mengatakan, bahwa baru beberapa item saja nanti yang akan di bantu oleh Kemenag RI, berkaitan pengoptimalan layanan. Yang jelas ujar  kepala KUA dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah KUA Koto Tangah ini, Amanah ini harus dapat diemban dengan semaksimal mungkin.

Sebelumnya KUA Koto Tangah dan Padang Utara juga sudah mendapat revitalisasi dari Kemenag RI.

Menteri Agama, Yaqut Chalil Qoumas berencana untuk merevitalisasi KUA yang mencapai 5.945 unit yang ada di seluruh Indonesia. Tahun 2021, 100 unit dan tahun 2022 sampai 2024 direncanakan 1000 unit bisa direvitalisasi.

#*/hms/Buya  

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share