Breaking News

Maksimalkan Penangan Stunting, Penag AKU Bentuk Rumah Desa Sehat

PNews | Pasbar (SUMBAR)--- Pemerintah Nagari Anam Koto Utara (AKU), Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat gelar musyawarah pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) dan focus group Discusion (FGD) yang berlangsung di ruangan kantor Nagari setempat, Selasa (3/10//2023).

Musyawarah tersebut dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan terkhusus dalam penanganan stunting di nagari AKU.

Sekretaris Nagari AKU Irwan menyampaikan RDS adalah rumah Desa Sehat yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan yang akan kita manfaatkan bersama.

Ia menyampaikan dengan adanya RDS ini setidaknya dapat membantu masyarakat khusunya di nagari AKU, sehingga rumah atau sekretariat bersama ini dapat dimaksimalkan bagi para penggiat pelayanan masyarakat dan pelaku pembangunan nagari di bidang kesehatan yang berfungsi sebagai ruang leterasi kesehatan, katanya.

Selain sebagai ruang literasi kesehatan RDS tersebut sebagai pusat penyebaran Informasi kesehatan dan sebagai forum advokasi kebijakan bidang kesehatan, ulas Irwan.

“Fungsi RDS untuk menyelenggarakan FGD stunting di nagari AKU dalam rangka mengeditifikasi permasalahan disektor kesehatan dengan melibatkan semua dari unsur yang terkait dengan masalah kesehatan dan solusi terhadap permasalahan kesehatan yang terjadi di nagari," sampainya.

Ia menambahkan dalam acara FGD stunting kali ini ada berapa hal yang kami diiskusikan dan disepakati bersama diantaranya penyampaiyan laporan Score Gard seluruh Posyandu oleh para kader KPM.

Selanjutnya penyampaian permasalahan masing-masing Posyandu oleh bidan Jorong yang menjadi penyebab rendahnya capaian Indikator sasaran laporan konversi dan pendidikan usia anak dini.

Selain itu sinkronisasi lima layanan Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang alternatif kegiatan pencegahan dan penanggulangan ztunting dan tujuh usulan kegiatan pencegahan dan penanggulangan stunting, katanya.

Selain itu katanya,terkait tentang penurunan angka stunting dan permasalahan kesehatan masyarakat lainnya akan kita dibawa dalam musyawarah rembuk stunting nagari AKU mendatang tentang, pungkasnya.

#By Roni  

Tidak ada komentar

"BOFET HARAPAN PERI"


Selamat datang... Semoga Anda Puas, Silahkan Share